SMP PANGUDI LUHUR 1 KLATEN
SMP Pangudi Luhur 1 Klaten - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo 28 Klaten 57432 Jawa Tengah - Indonesia  Telp. 0272 321768
Rabu, 11 Desember 2019  - 4 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMIBUKU TAMUPPDB ONLINE 


03.06.2010 11:12:37 3069x dibaca.
ARTIKEL
DRAFT KONSEP PEDOMAN DASAR ALUMNI SMP PL 1

Berikut saya kirimkan draft konsep Pedoman Dasar Alumni, sebagai bahan masukan utk dipikirkan bareng2.Trims n Berkah Dalem! Draft Konsep PEDOMAN DASAR IKATAN / KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI LUHUR 1/BRUDERAN KLATEN Pembukan : Digerakkan oleh jiwa dan spiritualitas yang dikembangkan oleh para bruder FIC/Tarekat ………… yang berniat untuk senantiasa ‘mencapai keluhuran’ (‘Pangudi Luhur’); Alumni SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten menyadari bahwa sekolah memiliki peran yang amat penting dalam mendampingi dan membentuk manusia Indonesia. Pendidikan akan senantiasa menjadi faktor yang amat penting dalam menciptakan manusia Indonesia yang bermutu yang akan mampu mewujudkan Indonesia yang makin sejahtera lahir dan batin. Kesadaran itu makin terasa tumbuh setelah lebih dari 50 tahun SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten mengabdikan diri sebagai lembaga pendidikan formal untuk mendampingi kaum muda. Kehadirannya telah mampu menghasilkan lulusan yang kini telah menyebar di seluruh wilayah Nusantara dan mengabdikan diri kepada bangsa dan Negara melalui berbagai macam tugas pengabdian.

Alumni SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten menyadari bahwa sekolah sebagai penyedia manusia yang bermutu, memiliki peran yang semakin penting; karena melalui lembaga pendidikan inilah dihasilkan insan Indonesia yang berkarakter, berbudi pekerti, mandiri, professional, berwawasan luas dan mampu beradaptasi dengan lingkungan global.

Alumni SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten turut merasakan dan menyaksikan adanya s kenyataan sejarah bahwa kehadiran dan keberadaan SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten semakin lama semakin dirasakan penting oleh masyarakat pada saat sekarang dan di masa yang akan datang. Realitas itu selayaknya disyukuri oleh seluruh alumni yang pernah mengenyam pendidikan di SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN di Klaten. Berangkat dari kerangka pemikiran itu; Alumni SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten merasa terpanggil untuk semakin mengokohkan kehadiran SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten melalui berbagai macam usaha; agar keberadaan sekolah ini semakin mampu memberi manfaat bagi kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan.

Guna menyatukan gagasan yang bermuara pada upaya nyata untuk mendukung kehadiran SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten; para alumni sepakat untuk menyatukan diri dalam suatu wadah organisasi IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN KLATEN. Agar kehadiran lembaga ini dapat berdaya-guna dan berhasil-guna maka para alumni menyepakati adanya Pedoman Dasar IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN sebagai berikut :

 

Pasal 1. NAMA, WAKTU DAN KEDUDUKAN.

  1. Organisasi ini bernama IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN disingkat ?
  2. IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN KLATEN berdiri sejak peringatan 50 tahun SMP PANGUDI LUHUR, tahun 2005 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.
  3. Pusat organisasi IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN KLATEN berkedudukan di kota Klaten, tempat keberadaan SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten.

 

Pasal 2. STATUS DAN KEDAULATAN.

  1. IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN adalah organisasi kekeluargaan atas dasar semangat persaudaraan satu keluarga lulusan SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten.
  2. Kedaulatan tertinggi organisasi ada pada anggota dan dilaksanakan sepenuhnya oleh Temu Nasional Alumni yang diselenggarakan tiap 3 ( tiga ) tahun sekali.

 

Pasal 3. AZAS DAN SIFAT.

  1. IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN berazaskan PANCASILA.
  2. IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN adalah satu-satunya wadah bagi seluruh alumni SMP PANGUDI-LUHUR 1/Bruderan Klaten.
  3. IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN adalah organisasi kekeluargaan yang bersifat independen, non-partisan, tidak terikat dan mengikatkan diri dengan berbagai organisasi kemasyarakatan atau organisasi politik lain.


Pasal 4. MAKSUD, TUJUAN DAN FUNGSI.

  1. IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN bermaksud menghimpun para alumni SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten tanpa membedakan tahun kelulusan dan status sosial masing-masing .
  2. IKATAN/ ALUMNI KELUARGA SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten bertujuan untuk :
    • Menjalin komunikasi antar alumni sehingga tercipta semangat kebersamaan dan persaudaraan tanpa membedakan status sosial masing-masing.
    • Menjalin berbagai macam potensi dan profesi alumni untuk didayagunakan secara positif bagi upaya pengembangan alma mater.
  3. IKATAN/KELUARGA ALUMNI berfungsi sebagai : a. wadah bertemunya cita-cita, gagasan untuk pengembangan diri para alumni. b. wadah untuk mengolah berbagai gagasan positif guna mengembangkan kualitas layanan pendidikan di SMP PANGUDILUHUR 1/BRUDERAN Klaten.

 

Pasal 5. U S A H A.
IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN dapat mengembangkan usaha-usaha yang bermanfaat bagi alumni , SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten dan masyarakat pada umumnya.

 

Pasal 6. KEANGGOTAAN

  1. Keanggotaan IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN dibedakan menjadi Anggota Biasa dan Anggota Luar Biasa.
  2. Anggota Biasa ialah setiap pribadi yang pernah mengenyam pendidikan sejak awal hingga akhir/ tamat belajar di SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten.
  3.  Anggota Luar Biasa ialah setiap pribadi yang pernah belajar di salah satu tingkat di SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten; dan merasa terpanggil sebagai bagian dari keluarga besar SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN Klaten.
  4. Ketentuan tentang Anggota Biasa dan Anggota Luar Biasa diatur dalam Peraturan Organisasi yang akan ditentukan oleh Pengurus IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN.


Pasal 7. PENDANAAN

Pendanaan organisasi bersumber dari alumni secara sukarela dan sumber lain yang tidak mengikat.

 

Pasal 8. STRUKTUR ORGANISASI

  1. Badan Pengurus organisasi ini terdiri dari :
    a. Dewan Penasehat.
    b. Koordinator Nasional.
    c. Koordinator Harian.
    d. Komisariat-komisariat.
  2. Dewan Penasehat berfungsi memberikan nasihat, saran, masukan kepada Pengurus baik diminta maupun tidak diminta.
  3. Dewan Penasehat terdiri dari alumni dan/atau guru senior yang memiliki komitmen untuk turutserta mengembangkan alma-mater . Bruder Ketua Yayasan Pangudi-Luhur Ranting Klaten, secara ex officio merupakan Dewan Penasehat.
  4. Koordinator Nasional bertugas sebagai pengurus pleno/paripurna dan mengurus manajemen organisasi secara keseluruhan.
  5. Koordinator Nasional terdiri dari sejumlah alumni yang disepakati dalam forum musyawarah tingkat nasional dan diselenggarakan 3 (tiga) tahun sekali.
  6. Koordinator Harian berkedudukan di Klaten dan berfungsi melaksanakan tugas rutin harian dan tugas lain wewenang pelaksanaannya diberikan oleh Koordinator Nasional.
  7. Ketua Koordinator Harian secara ex-officio adalah salah satu unsur Wakil Ketua Koordinator Nasional.
  8. Komisariat adalah kepengurusan IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN yang berada di suatu kota/kelompok kota.
  9. Pengurus Komisariat terdiri dari alumni yang disepakati dalam forum musyawarah alumni di kota/kelompok kota.

 

Pasal 9. KEPENGURUSAN DAN MASA PENGABDIAN

  1. Susunan Dewan Penasihat terdiri dari Ketua, Sekretaris dan sejumlah anggota.
  2. Susunan pengurus Koordinator Nasional terdiri dari Ketua, beberapa Wakil Ketua, Sekretaris, beberapa Wakil Sekretaris, Bendahara, Wakil Bendahara dan sejumlah Pengurus Bidang yang jumlah keseluruhan pengurus tidak lebih dari 17 orang.
  3. Susunan pengurus Koordinator Harian terdiri dari 1 orang Ketua,2 orang Wakil Ketua, 1 orang Sekretaris, 1 orang Wakil Sekretaris, 1 orang Bendahara, 1 orang Wakil Bendahara dan beberapa orang pengurus Bidang yang jumlah keseluruhan pengurus tidak lebih dari 17 orang.
  4. Pengurus Bidang menangani tugas khusus dalam bidang :
    a. Pengembangan Organisasi & Jaringan;
    b. Pendataan,
  5. Susunan Pengurus Komisariat disesuaikan dengan struktur pengurus Koordinator Harian; sedangkan jumlah personilnya ditentukan berdasar musyawarah dan kebutuhan masing-masing Komisariat
  6. Masa pengabdian pengurus di masing-masing tingkatan adalah 3 (tiga) tahun sejak saat peresmian.
  7. Pergantian pengurus Koordinator Nasional dan Harian ditentukan dalam suatu pertemuan yang sekaligus merupakan reuni antar angkatan setiap 3 tahun sekali. Pertemuan/reuni diselenggarakan di kampus SMP PANGUDI LUHUR 1/BRUDERAN Klaten.

 

Pasal 10. PERMUSYAWARATAN DAN RAPAT

  1. Penyelenggaraan pertemuan pengurus Koordinator Nasional minimal 1 ( satu ) tahun sekali.
  2. Pengurus Harian /Komisariat mengadakan pertemuan dan rapat minimal 3 (tiga ) kali dalam setahun.

 

Pasal 11. KETENTUAN PENUTUP

  1. Pedoman Dasar ini digunakan sebagai pedoman dan arah pengelolaan organisasi.
  2. Pengurus IKATAN/KELUARGA ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN KLATEN terpilih; mempunyai kewajiban
  3. Hal-hal yang belum cukup diatur dalam Pedoman Dasar ini, sepanjang menyangkut teknis organisasi dapat dimusyawarahkan oleh Pengurus definitif.
  4. Pedoman Dasar ini dimusyawarahkan dan disepakati di Klaten, pada TEMU ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR KLATEN, tanggal 31 JULI 2010.

Klaten, 31 Juli 2010 PANITIA PENGARAH/PIMPINAN TEMU ALUMNI SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN KLATEN, K E T U A : SEKRETARIS : Peserta Temu Alumni SMP PANGUDI-LUHUR 1/BRUDERAN KLATEN : No.: Nama Lengkap : Angkatan/ tahun MASUK : Tanda – tangan :








^:^ : IP 3.234.214.179 : 2 ms   
SMP PANGUDI LUHUR 1 KLATEN
 © 2019  http://smppangudiluhur-klt.sch.id/