SMP PANGUDI LUHUR 1 KLATEN
SMP Pangudi Luhur 1 Klaten - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo 28 Klaten 57432 Jawa Tengah - Indonesia  Telp. 0272 321768
Kamis, 01 Oktober 2020  - 2 User Online  
BERANDAHUBUNGI KAMIBUKU TAMUPPDB ONLINE 


12.05.2008 20:26:44 2189x dibaca.
ARTIKEL
PAMERAN LUKISAN SMP PANGUDI LUHUR 1 KLATEN 2008

Pameran merupakan suatu alat bagi seniman untuk mengkomunikasikan karya-karyanya kepada orang lain. Pameran juga merupakan media apresiasi yaitu penilaian terhadap suatu karya yang kita pamerkan. Demikian juga kami siswa-siswi SMP Pangudi Luhur 1 Klaten, mencoba belajar mengadakan pameran sekolah  dalam bentuk yang sederhana.

Dalam sebuah pameran perlu ada persiapan, perencanaan yang baik serta kekompakan dari pengurusnya agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan berhasil dengan baik. Kegiatan ini dilakukan setiap akhir semester. Mengenai tempat disesuaikan dengan jumlah karyanya. Untuk pameran kali ini kami menggunakan aula sekolah.

Banyak manfaat yang diperoleh dari pameran ini baik oleh individu maupun kelompok. Manfaat tersebut antara lain:

Siswa mampu menunjukkan apresiasinya melalui kreatifitas-kreatifitas dibidang seni rupa. Pameran yang diadakan  di SMP Pangudi Luhur 1 Klaten melatih siswa untuk menilai hasil karya teman-temannya secara objektif. Baik buruknya hasil karya yang ditampilkan dapat dilihat dari komentar para pemirsanya dan itu semua harus bisa diterima sebagai masukan dan sebagai bahan introspeksi diri atau sebagai bahan refleksi.

Dalam pameran siswa dituntut untuk membuat karya yang lebih baik dari hari ke hari. Siswa menjadi bertanggung jawab akan hasil yang di dapat. Selain itu juga akan memperbesar kepercayaan diri atau dengan kata lain pameran dapat menjadi motivator untuk membuat karya yang lebih baik.

Pameran juga menjadi sarana rekreasi karena selain melihat karya, pengunjung pameran juga dapat mendengarkan lagu.

Pameran melatih siswa untuk berogranisasi  dan kerjasama, mengambil mufakat dengan bermusyawarah, melatih bekerja sama, menghormati pendapat orang lain merupakan manfaat lain dari pameran ini. Sebelum diadakan pameran biasanya diadakan rapat misalnya pembentukan panitia pameran yang akan mengatur mekanisme pameran, tema, tempat, penggalangan dana, sound system, dekorasi ruangan dan lain-lain.

Pelaksanaan pameran dapat berhasil kalau ada pengunjung pameran, maka tiap kelas yang mengadakan pameran akan berusaha untuk menarik pengunjung sebanyak mungkin melalui poster, selebaran atau acara-acara yang diadakan.

Setelah pameran seni rupa selesai maka diadakan evaluasi. tujuan dari evaluasi di sini yaitu agar mengetahui kekurangan-kekurangan yang terjadi. Dan sebagai masukan untuk pameran selanjutnya.

Beberapa pendapat dari siswa disajikan dalam bagian berikut:

Issabela Yuliani, dalam pameran ini gambar-gambarnya menarik karena gambarnya banyak dikenal oleh anak-anak sekolah, sebagai contoh naruto, doraemon. Penataan gambar sudah bagus dan waktu melihat pameran juga dapat mendengarkan lagu-lagu sesuai tema pameran.

Dengan diadakan pameran, dulu yang jarang diskusi menjadi sering berdiskusi, saling memahami keinginan teman-teman dapat melihat sisi-sisi kreativitas teman yang selama ini tidak terlibat, walau sudah merasa lelah tetapi kami senang dengan adanya pameran ini kata Faradhita. Selain itu menurut Hilarion dengan pameran, membuat hati senang karena waktu mendekorasi ruangan bisa bersendagurau dengan teman lain. Menurut Yulia Christine, pameran dapat menimbulkan rasa kepercayaan diri. Sedangkan menurut Fransisca Mery Utomo pameran dapat menimbulkan kesadaran bahwa orang hidup itu memerlukan dan membutuhkan orang lain, misalnya dalam pemasangan gambar atau karya.








^:^ : IP 3.237.71.23 : 2 ms   
SMP PANGUDI LUHUR 1 KLATEN
 © 2020  http://smppangudiluhur-klt.sch.id/