SMP PANGUDI LUHUR 1 KLATEN
SMP Pangudi Luhur 1 Klaten - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo 28 Klaten 57432 Jawa Tengah - Indonesia  Telp. 0272 321768
Kamis, 22 Agustus 2019  - 5 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


23.03.2010 07:21:34 1954x dibaca.
ARTIKEL
UJIAN NASIONAL DAN PEMBENTUKAN INTEGRITAS DIRI SISWA

Bulan Maret 2010 menjadi kesempatan yang sangat berharga bagi para siswa SMA dan SMP yang duduk di kelas terakhir. Waktu dan kesempatan ini begitu di hargai dengan menggunakan waktu yang ada untuk mempersiapkan tugas akhir yaitu Ujian Nasional. Sebagian besar siswa di Indonesia berusaha untuk lolos dari Ujian Nasional yang menentukan kelulusan mereka dari Sekolah yang bersangkutan. Segala upaya dikerahkan untuk menghadapi peristiwa penting ini. Biaya yang besar dialokasikan demi pelaksanaan UN dengan baik.

Dalam hal ini UN kiranya dapat menjadi sarana untuk memberikan latihan bagi siswa untuk menempa diri. Bahwa suatu hasil yang baik harus dipersiapkan dengan baik. Hasil yang baik harus di usahakan dengan sepenuh hati. Sampai di sini secara positif UN berfungsi membentuk mentalitas siswa. Tujuan akhir dari UN bagi siswa adalah Lulus....

Di tengah-tengah hiruk pikuk persiapan UN ini juga terselip sebuah pertanyaan. Benarkah UN menjadi sarana pembentukan mentalitas positif bagi siswa? Kiranya masih harus direnungkan ulang. Bagaimanakah dengan kepentingan-kepentingan lain (gengsi sekolah, gengsi kepala sekolah dan gengsi-gengsi dari yang lain ) yang tidak jarang meracuni tujuan baik dari UN sehingga segala cara dapat digunakan demi kelulusan 100% siswa suatu sekolah? Pencapaian target UN dilaksanakan dengan jalan pintas dengan berbagai cara yang secara terbuka sudah diberitakan di media massa.

Mulai dari kecurangan antar siswa, kecurangan yang diciptakan oleh institusi, atau yang lain. Jika kita melakukan pembiaran terhadap hal ini, tidakkah dengan cara demikian kita sedang menghancurkan pembangunan nilai-nilai dalam diri para generasi muda yang sedang belajar membuat tatanan nilai? Bahwa kita sedang mengajari mereka jalan pintas itu sah jika kita terpepet? Bahwa kita sedang mengajari mereka proses kerja keras itu tidak diperlukan dalam pencapaian sebuah tujuan akhir...?

Kiranya baik kesempatan selama persiapan dan pelaksanaan UN ini kita gunakan untuk merenungkan tugas-tugas kita sebagai orang dewasa yang diserahi tugas untuk menjaga kemurnian jiwa-jiwa dari generasi muda kita. Kita bantu mereka untuk membangun sistem nilai yang baik sehingga mereka semakin kokoh dalam membuat pilihan-pilihan hidup diwaktu yang akan datang... Kita gunakan momentum UN menjadi sarana untuk membentuk integritas diri siswa.








^:^ : IP 3.226.251.205 : 2 ms   
SMP PANGUDI LUHUR 1 KLATEN
 © 2019  http://smppangudiluhur-klt.sch.id/