SMP PANGUDI LUHUR 1 KLATEN
SMP Pangudi Luhur 1 Klaten - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo 28 Klaten 57432 Jawa Tengah - Indonesia  Telp. 0272 321768
Rabu, 22 November 2017  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


03.08.2016 10:30:53 889x dibaca.
BERITA
PERAYAAN ULANG TAHUN SEKOLAH KE -61

Perayaan Ulang Tahun Sekolah untuk tahun 2016 berjalan seperti tahun sebelumnya, yakni Perayaan Syukur Ekaristi, Ziarah ke makam para purnatugas yang sudah meninggal dan pesta kelas.

Perayaan Syukur Ekaristi dipimpin oleh Romo S. Suyitno, SJ yang berkarya di Rumah Retret Panti Samadhi Sangkal Putung – Klaten, dan dimulai pada pukul 07.30 wib. Diikuti oleh segenap keluarga besar Civitas Academica SMP Pangudi Luhur 1 Klaten, Perayaan Syukur Ekaristi dengan tema Membangun Persaudaraan Sejati dalam Karya Kerasulan dilaksanakan di Auditorium. Dalam kotbahnya, Romo Suyitno dengan bahasa yang mudah dicerna memberi makna arti dari tema yang diambil. Ternyata para siswa juga sudah bisa melakukan karya kerasulan dalam kehidupan mereka sehari – hari. Beliau memberi contoh mengenai perhatian kepada sesama siswa, atau orang yang ditemui. Saat berada di sekolah, ternyata ada salah seorang teman yang nampak lesu, tidak bergairah, tidak ceria, lalu menghampiri dan menanyakan keadaannya, menghibur, menemani, ternyata itu juga suatu karya kerasulan yang nyata. Karya kerasulan tidak harus selalu dilakukan dalam skala yang besar, suatu tindakan yang melibatkan banyak orang. Justru hal – hal kecil yang kita lakukan dengan sepenuh hati itulah karya kerasulan yang nyata. Seperti yang pernah disampaikan oleh Santa Teresa dari Kalkuta, “Lakukanlah hal – hal yang kecil dengan CINTA yang besar.”

Masih dalam kotbahnya, Romo Suyitno, SJ., juga mengajak semua warga SMP PL 1 Klaten untuk pantang menyerah, belajar bersabar dan menikmati proses, melalui ceria tentang pohon bambu dan pohon pakis. Meski ditanam dalam waktu yang bersamaan, kedua pohon tidak mungkin akan tumbuh dan membesar dalam waktu yang bersamaan. Pohon bambu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tumbuh sampai akhirnya menjulang tinggi. Waktu yang dibutuhkan pohon bambu lebih lama karena pohon bambu perlu mempersiapkan akar-akarnya untuk menancap kuat ke tanah. Pohon bambu yang tinggi membutuhkan penopang yang kuat supaya pohonnya tidak tumbang. Demikian juga dengan kehidupan, baik pohon bambu dan pakis keduanya bersama sama menghiasi alam, menambah keindahan alam ciptaan Tuhan. Semua saling mengisi, bersatu membentuk harmonisasi alam.

Sebelum berkat penutup, dilaksanakan upacara potong tumpeng dan berkat bunga tabur.

Setelah Perayaan Ekaristi selesai para siswa istirahat sejenak untuk kemudian melanjutkan acara yaitu ziarah ke makam para purnatugas yang susah meninggal dan dimakamkan di Pemakaman Katolik Semangkak.

Melalui jalan pintas melalui kampung-kampung, semua siswa dari kelas 7 sampai kelas 9 berjalan hingga akhirnya sampai di kompleks pemakaman. Beberapa petugas dari OSIS sudah berdiri di makam-makam tertentu dengan membawa foto dan bunga tabur. Secara bergantian para siswa melakukan ziarah ke makam para purnatugas. Dan seperti biasa, di makam Bapak Herjan Poer para siswa brehenti sejenak untuk menyanyikan Mars SMP Pangudi Luhur.

Setelah selesai melakukan ziarah, para siswa kembali ke sekolah menyusuri jalan – jalan kampung, dan setelah sampai disekolah beristirahat sejenak untuk selanjutnya masuk kelas dan makan bersama.

PALUSAKA....JAYA !!








^:^ : IP 23.20.129.162 : 2 ms   
SMP PANGUDI LUHUR 1 KLATEN
 © 2017  http://smppangudiluhur-klt.sch.id/