SMP PANGUDI LUHUR 1 KLATEN
SMP Pangudi Luhur 1 Klaten - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo 28 Klaten 57432 Jawa Tengah - Indonesia  Telp. 0272 321768
Kamis, 22 Agustus 2019  - 3 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


13.05.2013 09:54:35 2113x dibaca.
BERITA
Ziarah SMP Pangudi Luhur 1 Klaten ke Sendangsono

SMP Pangudi Luhur 1 Klaten melaksanakan kegiatan tahunan yakni ziarah. Yang dilaksanakan di Sendangsono, Muntilan Jogjakarta. Tujuan kegiatan ini adalah agar siswa dapat memperoleh lebih banyak pelajaran tentang iman dan tentang tempat bersejarah khususnya Sendangsono. (4/5)

Para siswa berangkat pukul 06.20 WIB dari sekolah dan sampai di lokasi pada pukul 08.00 WIB dengan menaiki 4 bus pariwisata. Dengan di damping beberapa bapak ibu guru karyawan, setelah sampai disana lalu melanjutkan perjalanan ke Gereja dengan menaiki angkot. Saat tiba di sana dilanjutkan dengan acara “jalan salib” yang berakhir di Sendang pada pukul 09.30 WIB. Tak menunggu lama lagi misa pun dilaksanakan dengan di pimpin oleh seorang Romo. Misa berjalan dengan lancar dan terdapat sedikit lelucon dari homili (kotbah) Romo. Romo juga menceritakan tentang sejarah berdirinya Sendangsono.

Di Sendangsono terdapat peninggalan bersejarah berupa relief Romo Van Lith yang sedang membaptis sekitar 177 orang. Terdapat pula makam Sarikromo dan dua buah pohon Sono yang berusia sudah ratusan tahun. Disana juga terdapat tempat untuk mengambil air dari Sendang yang nantinya akan diberkati oleh Romo. Romo mengakatakan bahwa tempat itu wingit (angker) jadi sarannya para siswa harus menjaga sikap. Setelah acara di sendang selesai para siswa kembali ke bus dengan menaiki angkot pula.

Di bus sambil melanjutkan perjalan menuju Makam Romo Sanjoyo dan SMA Van Lith para siswa makan siang dan beristirahat sejenak. Setiba di Makam Romo Sanjoyo terdapat pembagian siswa. Bus 2 dan 3 menuju Museum Misi yang berlokasi di kompleks Van Lith. Sedangkan bus 1 dan 4 menuju ke makam Romo Sanjoyo. Di Museum Misi para siswa di jelaskan tentang banyak sejarah khususnya tentang Romo Van Lith. Di depan gedung Museum Misi terdapat patung besar Romo Van Lith. Konon kata pendamping yang menjelaskan pada para siswa, patung itu jika mendengar lonceng pada pukul 12.00 siang maka akan memanggut-manggutkan kepalanya dengan arti bahwa siap tuk berdo’a.

Setelah keliling-keliling di Museum Misi perjalanan dilanjutkan ke Makam Romo Sanjoyo. Sesampai disana para siswa mempersiapakan diri untuk berdo’a. khususnya untuk orang-orang yang telah gugur. Konon katanya, semua do’a yang kita panjatkan di makam Romo Sanjoyo akan dikabulkan. Disana terdapat pula makam para Romo yang lainnya yang terdapat di depan gedung makam Romo Sanjoyo. “kita harus menjaga sikap kita di tempat ini” tutur seorang guru kami.

Ketika matahari agak sedikit cemberut dan tetesan air dari langit menyentuh kulit para siswa, tetapi perjalanan kami tak berhenti disitu. Kami melanjutkan perjalanan ke SMA Van Lith, Muntilan Jogja. Disana para siswa disambut dengan ramah oleh beberapa kakak-kakak OSIS. Setelah tiba di aula kami langsung dibagi menjadi 2 kelompok dan berkeliling untuk melihat-lihat lingkungan sekolah. Ternyata di SMA Van Lith menggunakan system belajar seperti di perguruan tinggi. Kebersihan dan kedisiplinan tentu sangat dijaga di sana. Para siswa sangat senang dengan kunjungannya ke SMA Van Lith. Di SMA itu terdapat empat buah patung orang yang bersejarah dua di antaranya yakni patung Van Lith dan Soegijopranata. Ada beberapa siswa di antara kami yang akan ikut lomba paduan suara juga di sana. Jadi ada sebagian siswa yang tak mengikuti rombongan kami.

Setelah semunanya terselesaikan, para siswa kembali menuju bus masing-masing. Sambil menikmati suasana kompleks Van Lith banyak siswa yang menggunakan waktunya untuk istirahat, makan, minum, atau sekedar duduk bercengkrama dan berfoto ria. Ketika jarum jam menunjuk angka tiga kami melanjutkan perjalanan pulang. Sebelumnya kami mampir di sebuah toko makanan yang menjual beberapa makanan ringan. Diantaranya yang khas dari jogja yakni bakpia.

Haripun semakin sore kami kembali ke bus dan melanjutkan perjalanan pulang. Di bus beberapa siswa menggunakan waktunya untuk tidur atau sekedar mendengarkan musik. ”saya sangat senang dengan kegiatan hari ini dari tadi pagi sampai senja ini. Tentunya ini tak kan terlupakan buat saya.” Kata seorang siswa. Kembali ke sekolah dengan selamat. Senjapun kian bersambut dan pengalaman baru mulai bercerita. [LenyMindarintia]








^:^ : IP 3.226.251.205 : 2 ms   
SMP PANGUDI LUHUR 1 KLATEN
 © 2019  http://smppangudiluhur-klt.sch.id/